Sekolah Ibu Pintar Dusun Plemburan Tingkatkan Kapasitas Ibu dalam Keluarga

Published by hmgp.geo on

Bermula dari adanya keluhan warga Dusun Plemburan terkait menurunnya kualitas generasi muda yang dibuktikan dengan beberapa kasus tindak kriminal dan menurunnya tingkat pendidikan yang ditempuh dari  generasi ke generasi, tim PKM-M UGM yang beranggotakan lima orang mahasiswa ini menelisik lebih dalam guna menemukan akar masalah yang menjadi penyebab hal tersebut. Kedekatan jarak antara Dusun Plemburan – yang terletak di sebelah utara Ring Road Utara – dengan UGM ternyata tidak menjamin tingginya tingkat pendidikan para generasi muda dusun tersebut.Berdasarkan permasalahan diatas, tim pelaksana PKM Pengabdian kepada Masyarakat tergerak untuk menjadi agent of change yang mampu membuka akses para ibu Dusun Plemburan terhadap pendidikan, sehingga peran dan fungsi ibu dapat dikembalikan sebagaimana mestinya. Pemberdayaan, pendampingan, serta pembentukan kader ibu emas diupayakan menjadi penggerak dalam pengarusutamaan keluarga melalui program GOLDEN MOTHER FOR GOLDEN GENERATION: Sekolah Ibu Pintar Plemburan, Sarihardjo, Ngaglik, Sleman. Program Sekolah Ibu Pintar ditujukan untuk membentuk ibu menjadi kunci perbaikan kualitas generasi masa depan dimulai sejak dini dari lingkup keluarga. Sasaran program ini adalah para ibu muda yang memiliki anak berusia belia.

Program Sekolah Ibu Pintar telah dilaksanakan sebanyak 6 kali pertemuan sejak 19 April hingga 16 Juni 2019 dalam bentuk penyampaian materi interaktif dan workshop. Materinya meliputi penyiapan dan pengolahan gizi seimbang, manajemen perekonomian keluarga, fungsi dan peran penting ibu dalam keluarga, PHBS dan pengolahan sampah plastik, pentingnya pendidikan anak dan cara mendidik anak menurut agama Islam, serta diskusi dan fiksasi keberlanjutan Sekolah Ibu Pintar yang dilengkapi dengan penghargaan peserta terbaik. Diskusi dan fiksasi dilaksanakan untuk membahas keberlanjutan program ini dengan diawali pembentukan penanggung jawab, baik dari perwakilan ibu muda maupun perwakilan ibu kader posyandu.

Berdasar penuturan salah satu peserta terbaik Sekolah Ibu Pintar, program ini sangat bermanfaat karena mendapatkan begitu banyak ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dapat menjadi bekal dalam mendidik anak untuk menciptakan generasi emas. Tim PKM-M Sekolah Ibu Pintar mengharapkan keberlanjutan program ini dan para ibu muda Dusun Plemburan dapat menjadi pelopor Sekolah Ibu Pintar untuk disebarluaskan dan diterapkan di tempat lain.

TIM PKM-M SEKOLAH IBU PINTAR PLEMBURAN
YOGYAKARTA
2019

Categories: Berita