BRANDING PW #3: MATKUL INI PW BANGET?

Published by hmgp.geo on

Madina Aurum1, Rossita Ardiani Priyono2

1madinaaurum@mail.ugm.ac.id 2rossitaardiani@mail.ugm.ac.id

12Divisi Riset dan Keilmuwan HMGP UGM 2020

12Pembangunan Wilayah, Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada

————————————————————————————————————

Halo, developgengs!

Program studi Pembangunan Wilayah sebagai bagian dari Fakultas Geografi memiliki fokus kajian pada wilayah atau regional dengan mempertimbangkan beberapa aspek, seperti ekonomi, politik, sosial, dan lainnya. Banyaknya aspek yang turut dilibatkan dalam mengkaji suatu wilayah ini membuat program studi Pembangunan Wilayah memiliki beberapa mata kuliah yang mirip dengan mata kuliah di fakultas lain, lho. Apa aja, sih, mata kuliah yang unik di PW? Yuk, baca terus!

 

  1. Ekonomi Regional

Ekonomi biasanya buat anak soshum, lho kok ini di PW?

Ilmu ekonomi biasanya identik dengan subjek-subjek yang dipelajari oleh mahasiswa klaster sosial humaniora, khususnya untuk mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE). Namun, pada kenyataannya, di PW juga ada lho mata kuliah yang membahas tentang ekonomi. Pada praktiknya, ilmu ekonomi ini memang memiliki pokok-pokok bahasan yang sangat luas, mulai dari ekonomi regional, ekonomi pembangunan, ekonomi internasional, dan masih banyak lagi cabang-cabang ilmu ekonomi lainnya. Dari beberapa cabang ekonomi yang ada, ekonomi regional menjadi subjek keilmuan yang dipelajari di PW. Jadi, ilmu ekonomi regional ini lebih terkonsentrasi pada pembahasan yang dikaitkan dengan regional atau wilayah yang ada di muka bumi. Dengan kata lain, ilmu ini menitikberatkan pada dimensi tata ruang dalam pengertian ekonomi.

Mata kuliah ini menjadi mata kuliah wajib di semester 5, lho. Tapi buat kalian yang sudah tidak sabar dan sangat tertarik untuk belajar ekonomi regional, kalian juga sudah bisa mengambil mata kuliah ini di semester 3! Seru banget, kan?

Ekonomi regional itu apa, sih?

Ekonomi regional merupakan suatu cabang dari ilmu ekonomi yang dalam pembahasannya memasukkan unsur-unsur perbedaan potensi suatu wilayah terhadap wilayah lain (Tarigan, 2005). Dengan melihat perekonomian di masing-masing wilayah dapat diketahui wilayah yang lebih unggul dari wilayah lain sehingga dapat tentukan wilayah dengan tingkat basis regional yang lebih tinggi. Oleh karena itu, pemerintah dapat menetapkan skala prioritas dalam melakukan pengembangan di suatu wilayah berdasarkan pertumbuhan ekonominya.

Apa aja yang dipelajari matkul ekonomi regional?

Mata kuliah ekonomi regional membahas mengenai berbagai teori pertumbuhan ekonomi wilayah sekaligus analisis struktur perekonomian wilayah. Selain itu, mata kuliah ini juga tidak lepas dengan pembahasan mengenai teori lokasi serta teori basis ekspor yang dikaitkan dengan ekonomi antarwilayah. Perhitungan pendapatan maupun pengeluaran yang terdapat di masing-masing wilayah juga masuk dalam kajian dari matkul ini. Selain itu, mata kuliah yang sering disingkat “EkoReg” oleh para mahasiswa PW ini mempelajari bagaimana pengelolaan anggaran daerah untuk memajukan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di suatu wilayah.

Jadi, matkul ekonomi regional PW banget, kan?

 

  1. Geografi Politik

Aduh aku nggak deh kalo politik-politik gitu, nggak ngerti, hehe.

Tunggu dulu, sabar, kami bisa jelasin. Gini, politik merupakan salah satu ilmu yang setidaknya harus kalian pahami. Hidup kita sebagai warga negara tentu tidak terlepas dari kebijakan-kebijakan yang ditetapkan pemerintah. Kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah merupakan bentuk dari langkah politik yang tidak mungkin sepenuhnya terlepas dari kepentingan politik. Pasalnya, apakah kebijakan tersebut lebih dominan untuk kepentingan umum atau justru dominan untuk kepentingan kelompok, bagaimana dampaknya terhadap fenomena geografi yang ada?

Geografi Politik merupakan salah satu studi dari ilmu geografi, berbeda dengan Geopolitik yang merupakan studi dari ilmu politik. Jadi, salah ya kalau selama ini masih banyak yang menganggap Geografi Politik dan Geopolitik sebagai studi yang sama. Menurut Sykulski (2013) Geopolitik dalam studinya meneliti bagaimana ruang sebagai bagian dari geografi mempengaruhi proses dan fenomena politik, sedangkan dalam Geografi Politik meneliti bagaimana pengaruh negara sebagai bagian dari politik mempengaruhi fenomena geografi.

Bagaimana, kedengeran seru gak sih mata kuliah yang satu ini? Tentunya ilmu ini sangat diperlukan, khususnya dalam pembuatan kebijakan, mengenai bagaimana kebijakan politik tersebut akan mempengaruhi fenomena geografi. Selain itu, dengan mempelajari geografi politik, dalam menganalisis suatu persoalan geografi kita dapat mengaitkannya dengan kebijakan yang ada, untuk mengetahui apakah kebijakan tersebut menjadi latar belakang dari suatu persoalan geografi. Perhatian yang diberikan terhadap fenomena geografi dalam pembuatan kebijakan ataupun sebaliknya dapat menjadi salah satu langkah untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan. Di PW, kalian mulai dapat mengambil mata kuliah ini saat kalian sudah memasuki semester 4. Jadi, kalau kalian masih di semester 1 atau 3, bersabar dulu, ya!

  1. Pengembangan Kota Kecil dan Menengah

Berbicara mengenai “kota” di Indonesia, apa sih yang langsung terlintas di pikiran kalian? Gedung-gedung pencakar langit? Jakarta? Surabaya? Atau kota-kota besar lainnya seperti Medan, Semarang, dan Makassar? Lebih dari itu, kota tidak hanya meliputi kota-kota besar, melainkan juga meliputi kota yang tergolong ke dalam kota kecil dan kota menengah.

Ng, tapi kan peran mereka gak sebesar kota besar? Emang penting, ya, buat dipelajari?

Indonesia meliputi wilayah yang luas dengan wilayah administrasi yang sangat banyak jumlahnya. Dibandingkan dengan luasnya wilayah tersebut, jumlah kota besar di Indonesia terbilang sedikit untuk memenuhi pelayanan seluruh wilayah yang ada. Dapat dibayangkan bagaimana kacaunya kota besar apabila pelayanan hanya berpusat di sana tanpa adanya kota kecil dan menengah yang menopang. Itulah salah satu peran penting kota kecil dan menengah, untuk mengurangi beban yang dapat menimbulkan permasalahan sosial ekonomi di kota besar. Tidak ada yang tidak penting, semua wilayah administrasi memiliki peran sesuai dengan hierarkinya.

Di mata kuliah ini kalian akan diajarkan oleh dosen-dosen yang memang ahli di bidang perkotaan. Kalian bisa bersabar menunggu hingga dapat mengambil mata kuliah ini mulai dari semester 5 dengan mencoba mata kuliah yang berhubungan dengan perkotaan lainnya. Bagaimana, PW banget gak, sih?

Nah, mata kuliah di atas merupakan sebagian kecil dari mata kuliah seru yang ada di Pembangunan Wilayah. Memang, cara mengenali suatu program studi salah satunya adalah dengan mengenali mata kuliah yang diajarkan di dalamnya. Jadi gimana, nih, apakah dengan mengenal beberapa matkul di atas kalian jadi merasa lebih tau tentang Pembangunan Wilayah? Apa masih kurang? Kalau begitu, tunggu Branding PW selanjutnya, ya!

 

REFERENSI

Sykulski, Leszek. 2013. Geopolitics and The Political Geography – Similarities and Differences. Dalam Geopolitics: Grounded In The Past, Geared Toward The Future. Editor Leszek Sykulski. Polish Geopolitical Society. Częstochowa.

Tarigan, Robinson. 2005. Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi (Edisi Revisi). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Categories: Publikasi

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.