Himpunan Mahasiswa Geografi Pembangunan Melakukan Kegiatan Bakti Sosial di Panti Asuhan Gotong Royong

Published by hmgp.geo on

Bakti sosial adalah kegiatan yang dilakukan untuk mempererat hubungan dengan orang lain melalui bantuan, pengetahuan, intuisi, dan motivasi sebagai rasa kepedulian atau kemanusiaan terhadap orang lain. Tujuan dari bantuan sosial adalah untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama dan memotivasi masyarakat tentang pentingnya kesadaran dalam meningkatkan kesadaran tentang prospek kehidupan.

Hal ini menjadi perhatian bagi masyarakat sosial, terutama bagi mereka yang membutuhkan atau berhak atas hal tersebut. Berbagi kasih untuk sesama untuk peduli, mengerti dan merasakan bahwa mereka tidak hidup sendiri, meskipun hidup mereka tidak memiliki keluarga, namun mereka memiliki saudara, teman yang dapat membelai dan merawat mereka.

Kegiatan bakti sosial dilakukan bersamaan dengan kegiatan PW Mengajar yang dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2022 dan bertempat di Panti Asuhan Gotong Royong, Dusun Jaranan, Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta. PW mengajar merupakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Geografi Pembangunan yang berkaitan dengan ilmu ke-geografian-an dan ilmu lingkungan untuk menambah wawasan masyarakat.

Tahun ini, PW Mengajar mengambil tema “Memahami Indonesia dari Sudut Pandang Geografi”.

Kegiatan ini ditujukan untuk menjadi salah satu sarana pendidikan yang bersifat informal bagi anak-anak marginal yang berada di bawah naungan komunitas sosial. Anak-anak marginal yang dimaksud adalah mereka yang sudah bekerja di usia yang tidak seharusnya serta belum berkesempatan mendapatkan pendidikan formal yang layak karena keterbatasan yang dimilikinya.

Dalam pelaksanaannya, diawali dengan sambutan oleh ketua pelaksana bakti sosial yaitu Muhammad Syihab Wafi dan perwakilan pengurus panti asuhan yaitu Bapak Subiyanto Eko Mulyono. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan  materi dalam bentuk presentasi dan video interaktif serta praktik pengelolaan sumber daya sederhana berupa pembuatan kerajinan dari bahan daur ulang yang bernilai jual. Anak-anak di Panti Asuhan Gotong Royong sangat antusias dengan rangkaian acara Bakti Sosial PW Mengajar 

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.